Hoodie Woody Freaky – Story of the Early Days

Lama tak bersua, kali ini si mbah datang dengan review musik untuk salah satu band indie yang mungkin masih belom kedengeran di jagad permusikan tanah air. Kebetulan pas lagi mampir ke admin blog lama dapet komen yang menarik. Yaitu diminta untuk mereview lagu mereka. Nama bandnya cukup unik, Hoodie Woody Freaky. Dan kalo ditilik nama sama musik yang mereka bawain sedikit agak ngga nyambung. Tapi pasti ada cerita dibalik pemilihan nama yang mereka pilih itu.

Kita bahas sedikit tentang bandnya. Band ini terdiri dari 3 orang personil yaitu Haikal sang vokalis utama yang merangkap sebagai gitaris, Ayub gitaris, dan terakhir Fikri beatbox. Nama terakhirlah yan membuat band ini menjadi unik. Setidaknya di telinga si mbah baru kali ini dapetin konsep Akustik pake beatbox. Dan beatboxnya juga cukup dominan di semua lagu yang ada di album ini. Warna musiknya lebih ke akustik pop dan sedikit nuansa jazz. Agak mirip sama Boyce Avenue tapi cajon diganti sama beatbox.

Langsung bahas ke albumnya. Lagu pertama di album ini adalah introbeat yang menegaskan bahwa kelebihan band ini adalah beatbox. Karena memang awalannya pake beatbox, baru kemudian disusul sama permainan gitar akustik dengan nada riang untuk memperkenalkan bahwa mereka adalah band pop. Dan lagu pertama ini lumayan seger juga. Soft dan easy listening.

Masuk ke lagu kedua, rain, intro lagu ini sedikit serius. Sedikit terbawa nuansa Jazz Progressif. Dan baru di lagu ini bisa didengerin suara dari Haikal. Sekilas di awal suaranya mirip kombinasi Tompi dan Jay Kay dari Jamiroquai. For the record, lagu rain ini sesuai judulnya berbahasa Inggris. Begitu masuk chorus suasana lagu kembali menjadi riang. Lain halnya dengan lagu ketiga, senyuman. Dari awal lagu ini sudah menunjukkan keriangannya. Jangan protes kalo agak sedikit mirip lagu dari Ran. Dan lagu terakhir, prison and love, suasana lebih santai dan pelan. Lagu terakhir ini juga berbahasa Inggris.

Secara keseluruhan lagu-lagu di album ini sangat easy listening. Suara string dari gitar akustiknya cukup renyah di telinga. Permainan beatboxnya walau terasa dominan di beberapa lagu tapi menjadi kesatuan yang harmonis. Dengan adanya 2 lagu berbahasa Inggris, band ini ingin meraih kesuksesan secara internasional. Meskipun demikian, walau band ini masih sebagai band indie, tetapi aransemen yang mereka buat sudah terasa major. Tentunya band ini masih bisa berkembang lebih jauh lagi dan lebih mengeksplorasi beatbox yang menjadi senjata utama musik mereka.

Oh iya, si mbah sama sekali ngga dapet apa-apa loh dalam mereview musik mereka. Bahkan si mbah merasa terhormat karena bisa diajak mereview musik sebuah band yang masih merintis. Buat yang pengen bandnya direview, boleh kirimin materinya ke sini. Sukses terus buat Hoodie Woody Freaky. Semoga cita-citanya bisa tercapai dan gaungnya terdengar luas.

P.S. : buat yang penasaran sama musiknya silahkan lari ke ‘http://www.acustronica.com/’

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s