Mobile Applications Review : Snaptu

Udah lumayan lama si mbah ngga bikin tulisan tentang Brain Stuff. Kali ini tulisannya adalah tentang mobile application. Seperti kita ketahui bahwa akhir-akhir ini pamor smart phone atau mobile device semakin meningkat seiring dengan berkembangnya teknologi (kok bahasanya kayak pendahuluan di skripsi ya?). Maka ngga heran kalo bisnis bikin aplikasi mobile, baca : aplikasi untuk dijalankan di smart phone atau gadget, juga makin banyak. Beberapa aplikasi ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Salah satu aplikasi yang gratis adalah snaptu.

Snaptu ini adalah aplikasi yang mengintegrasikan berbagai aplikasi atau service lainnya ke dalam sebuah kesatuan interface. Aplikasi atau service yang disediakan oleh snaptu cukup bervariasi mulai dari social media, sampai entertainment. Sebagai gambaran, biasanya untuk keperluan social media kita menginstall beberapa aplikasi mobile misalnya untuk twitter kita install UberTwitter, Tweets60, ato yang lainnya. Untuk facebook kita install Facebook for mobile. Tergantung ketersediaan pada tipe dan jenis smart phonenya. Nah, kalo pake snaptu, cukup install satu kita dapet semua. Dan ga perlu repot-repot pindah aplikasi.

Untuk social media, yang kebetulan si mbah sering pake adalah facebook dan twitter. User interfacenya lebih enak kalo si mbah pake snaptu dibandingkan beberapa aplikasi lain yang pernah si mbah coba seperti tweets60 dan nimbuzz untuk twitternya dan browser untuk facebook. Oh ya, smart phone yang si mbah pake adalah Nokia E75 (I know, tu hape emang udah jadul, mau ganti android belom kesampean). Tampilan untuk kedua social media itu lebih bersih dan navigasinya lebih enak.

Selain itu ada beberapa aplikasi laen yang cukup berguna seperti MyMovies. Di aplikasi ini kita bisa tau film-film holywood apa yang sedang tayang. Film-film apa aja yang lagi booming, lengkap dengan referensi singkat. Ada juga weather buat cari tau perkiraan cuaca hari ini dan cukup akurat info cuacanya. Untuk berita ada News & Blogs. Dari aplikasi News & Blogs itu kita bisa dapetin berita-berita dari beberapa portal berita yang ngetop seperti detik.com kompas.com, sampai vivanews.com. Tapi bisa ditambahin sendiri kok mau dari mana lagi. Walaupun cuma paragraf pertama aja yang ditampilin, tapi udah cukup oke.

Sejauh ini sih cuma aplikasi-aplikasi itu aja yang si mbah pake dan test. Masih banyak aplikasi laen. Tapi beberapa aplikasi yang kalo bener-bener terintegrasi dengan snaptu yang sayangnya hanya berfungsi sebagai shortcut. Sebagai contoh Nimbuzz. Di snaptu ada service untuk Nimbuzz tapi sayangnya hanya sebatas shortcut untuk nantinya membuka browser. Dan kita mengakses Nimbuzz dari browser itu. Cukup disayangkan padahal jika Nimbuzz terintegrasi dengan baik di situ, maka untuk chatting akan menjadi lebih mudah. Begitu pula untuk YouTube, Google search, dan banyak lagi service terkenal yang hanya berfungsi sebagai shortcut.

Konsep snaptu sebenernya bagus banget, dan kalo dikembangin lebih jauh lagi sampe beberapa aplikasi bisa terintegrasi dengan baik, khususnya untuk chatting, si mbah yakin aplikasi ini akan banyak dipake. Dan tentunya menguntungkan untuk snaptu sendiri. Mudah-mudahan pengembangan ke depannya seperti itu. Jadi untuk saat ini snaptu lebih berfungsi sebagai widget walau pun bukan widget juga sebenernya. Entahlah. Tapi yang pasti untuk smartphone yang agak “tua” seperti Nokia E75 punyanya si mbah, snaptu udah cukup bagus buat Twitteran dan Fesbukan.

Oh ya, info tambahan, twitter dan facebook di snaptu ngga auto update. Dia akan refresh kalo kita buka aplikasinya aja. Ada juga pilihan untuk refresh sendiri. Tapi yang pasti dia ngga auto update atau update berdasarkan interval waktu yang kita masukin.

One thought on “Mobile Applications Review : Snaptu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s