Baso Bonpis Dago Bandung

Si mbah kembali dengan posting kuliner. Horeee.. Akhirnya bisa menikmati makan di luar lagi. Kebetulan weekend kemaren lagi ada di bandung nengokin ibunda tercinta. Pengennya sih nyobain makan di restoran punya temennya si mbah, tapi berhubung sang istri lagi kepengen banget makan bakso, si mbah terpaksa ngalah dan kita pun hunting bakso. Dan pilihan akhirnya jatuh kepada bakso bonpis yang ada di jalan Ir. H. Juanda alias Dago. Nomor berapanya sih ga apal, tapi posisinya ada di antara MM dan Kartika Sari. Agak nyempil, jadi buat yang bawa mobil parkirnya cuma bisa di MM atau di Kartika Sari. Tapi ngga disaranin parkir di Kartika Sari deh kecuali emang mau sekalian belanja di situ.

Langsung aja kita bahas makanannya. Si mbah pesen batagor, dan sang istri mie baso tentunya. Untuk minum si mbah pesen Jeruk Hangat (pas banget karena kemaren lagi ujan gerimis dan dingin-dinginnya) dan sang istri pesen teh tawar panas. Sebenernya ada juga bubur ayam mang oyok. Tapi karena agak-agak ga cocok (sore-sore makan bubur), kami juga udah pernah nyobain, jadi ga penasaran. Justru penasarannya sama si basonya. Karena rekomendasi dari kakanya si mbah enak. Kebetulan yang punya juga temennya kaka ipar si mbah. Hallah.. Dunia kecil pisann..

Untuk batagornya, si mbah cuma bisa bilang ngga ada yang istimewa. Mungkin karena si mbah udah pernah ngerasain yang lebih enak kali yah. Enak sih, enak banget, tapi ngga terlalu istimewa. Bumbu kacangnya pas. Untuk batagor dan tahunya juga enak kok. Cuma ya itu, ngga ada sesuatu yang khas atau istimewa. Jadinya ya gitu-gitu aja. Tapi si mbah berani jamin kalo batagornya enak. Kalo mau bocoran dikit, batagor Roby yang ada di depan Kartika Sari lebih enak. Tapi itu pendapat pribadi si mbah.

Nah untuk basonya, mungkin karena kebetulan pas banget dingin-dingin makan baso yang anget-anget, jadi basonya kerasa enak banget. Masih ada baso yang lebih enak sih, tapi boleh banget dicoba kok basonya. Untuk penggemar baso, harus dicobain lah. Kuah dan kaldunya pas. Gurihnya ngga berlebihan. Agak sedikit tawar, tapi cocok banget buat yang ga suka asin. Mienya sendiri kenyalnya pas. Mmm.. masih ada yang lebih juara sih.. Jadi kalo untuk si mbah sendiri mienya lebih sekedar penghias ato pengenyang perut aja. Hehehe..

Basonya sendiri kemaren kebantu sama kuahnya yang enak. Agak kurang empuk, tapi lumayan cocok di lidah. Ada juga tahu coklat yang cukup bikin rasa kuahnya makin enak. Sayangnya si mbah ga suka sambel ato pedes. Kalo kata istrinya si mbah sih, enaknya kalo pake sambelnya. Cuma karena ga doyan jadi si mbah makannya tawar aja. Justru sebuah makanan bisa dinilai enaknya kalo tanpa tambahan apa-apa udah kerasa enaknya. Betul ga? Hehehehe..

Secara keseluruhan baso bonpis lumayan buat iseng-iseng. Kalo lagi jalan-jalan di dago trus pengen makan baso, boleh deh mampir. Kalo kata si mbah mah recommended. Dan untuk kemaren, makan baso bonpis cukup ngebantu bikin ga laper selama perjalanan pulang lagi ke jakarta. Seperti rekan-rekan semua tau, Bandung kemaren macetnya sadiss.. Ada longsor di gandok, banjir di pahlawan, trus yang lebih parah dan yang si mbah lihat pake mata kepala sendiri, ada jalan ambles di Padjadjaran. Bandung makin hari makin sadis aja. Tapi alhamdulillah macetnya cuma di Bandung aja, dan si mbah beserta keluarga bisa sampe di Jakarta dengan selamat dan (agak) cepat.

Oh ya, di depan MM ada juga roti kukus. Iseng-iseng beli, kirain unik gimana gitu, ga taunya yaaa.. biasa aja. Cuma abis dikasih selai dikukus. Ga ngerti juga efek kukusnya buat apa. Tapi di lidah si mbah sih sama aja. Hehehe…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s